Artikel

Kaca inlay mempunyai beberapa tahapan proses pembuatannya. Hal ini membuatnya semakin nampak tidak sederhana. Sejak awal mula kemunculannya hingga era modern seperti sekarang ini, kaca inlay masih dikerjakan dengan keterampilan dan kelihaian tangan oleh para pengrajinnya. Ini yang menempatkan kaca inlay bukan sebagai produk industri massal. Akan tetapi murni merupakan hasil karya seni yang memiliki presisi, nilai artistik, dan estetika umumnya sebagai sebuah benda seni.

Tahap awal yang perlu dilakukan adalah menggambar pola pada kertas atau semacamnya, atau langsung di atas kaca yang ingin dibuat inlay.

Umumnya, pola gambar yang dibuat tidak jauh-jauh dari kehidupan sehari-hari, entah kehidupan para pengrajinnya sendiri, maupun hal-hal populer yang ada di masyarakat. Tema-tema religius dan kehidupan di alam menjadi tema yang sangat populer pada seni kaca inlay ini.

Bahan yang perlu disiapkan adalah kaca dengan tingkat kematangan tinggi dan dicetak dengan tekanan kompresi yang presisi, sehingga tidak meninggalkan butiran gelembung-gelembung kecil udara di dalamnya. Sehingga hal itu membuat kaca nampak halus, dan tingkat kejernihan kaca semakin jernih dan berkilauan ketika ditembusi cahaya. Dan warna-warnanya pun sangat beragam.

Selanjutnya pemotongan kaca sesuai pola yang dikehendaki menggunakan pisau pemotong dengan ujung sebuah mata berlian atau baja yang tajam. Kemudian potongan-potongan kaca ditempatkan pada pola yang sudah digambar.

Tembaga, kuningan, perak, emas dan bahan-bahan logam lainnya dipilih dan digunakan sebagai penyegel dan penyatu potongan-potongan mozaik kaca, dan lempengan tipis logam penyegel disesuaikan dengan ketebalan kaca.

Tahap berikutnya adalah merekatkan setiap ujung lempengan bahan logam penyatu itu dengan lelehan timah yang dipanaskan maupun perekat lainnya. Dan besar kecilnya dimensi kaca inlay disesuaikan dengan pola gambar dan kebutuhan.

Tahap akhir adalah finising, artinya kaca inlay yang sudah hampir jadi itu diperiksa, dilihat ada tidaknya kecacatan fisik ketika proses pembuatan. Setelah tidak ditemukannya kecacatan, proses selanjutnya adalah menghaluskan bahan logam pengikatnya dengan amplas halus atau sejenisnya. Atau jika ingin diberikan warna pada bahan logam pengikat maka pewarnaan adalah tahap akhir.